Anda di sini

12 alasan utama mengapa harus bersepeda

Apakah untuk meningkatkan stamina, menjaga keseimbangan tubuh, untuk kesehatan atau untuk menjaga lingkungan, bersepeda bisa menjadi salah satu keputusan terbaik yang pernah Anda buat. Tidak yakin? berikut adalah 12 alasan utama manfaat bersepeda :

1. Sampai tempat tujuan lebih cepat

Berpindah dari tempat satu ke tempat lain menggunakan sepeda di kota-kota besar seperti di Inggris dapat menghemat waktu perjalanan hingga separuh waktu jika menggunakan mobil, penelitian yang dilakukan Citroen menunjukkan, jika Anda menyetir mobil di kota Cardiff pada hari kerja membutuhkan waktu lebih dari 30 menit dengan kecepatan rata-rata 7 mil perjam. Sedangkan jika bersepeda rata-rata kecepatan bisa mencapai 12-15 mil per jam.

2. Tidur lebih nyenyak

Berangkat kerja lebih pagi bagi mungkin pada awalnya terasa berat, namun setelah terbiasa, Anda akan merasakan kualitas tidur Anda yang semakin baik. Studi yang dilakukan oleh Stanford University School penderita insomnia yang melakukan aktifitas bersepeda selama 20 - 30 menit, waktu tidur yang diperlukan untuk memulai tidur berkurang hingga separuhnya dan waktu tidur meningkat hingga hampir satu jam.

3. Terlihat lebih muda

Peneliti dari Stanford University menemukan bahwa bersepeda secara teratur dapat melindungi kulit Anda melawan efek berbahaya sinar radiasi UV dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Ahli dermatologi dari Harley Street Dr. Christopher Rowland Payne juga menjelaskan meningkatnya sirkulasi melalui latihan menghasilkan oksigen dan nutrisi ke dalam sell kulit secara efektif, serta dapat membuang racun-racun berbahaya keluar tubuh melalui keringat. Latihan juga dapat menciptakan lingkungan yang ideal di dalam tubuh untuk mengoptimalkan produksi kolagen, membantu mengurangi kerutan dan mempercepat proses penyembuhan.

4. Meningkatkan kekuatan otak

Peneliti dari Illinois University menemukan 5 persen penyempurnaan di dalam kesehatan pernapasan kardio dari bersepeda, bahkan pada saat pengujian mental mengalami peningkatan hingga 15 persen. Hal ini disebabkan karena bersepeda membantu membangun sell otak baru di hippocampus, suatu area di otak yang bertanggung jawab terhadap memori kita, yang akan mengalami penurunan kualitas saat menginjak usia 30 tahun. Bersepeda juga bisa meningkatkan aliran oksigen ke dalam otak, hasil studi Profesor Arthur Kramer.

5. Melawan sakit

Bersepeda secara teratur dapat mengaktifkan sel imun, sehingga sel ini lebih siap melawan infeksi (Cath Collins, Chief dieticaian, St George Hospital, London).

6. Memperpanjang Usia

King College London, membandingkan 2.400 orang kembar dan menemukan seseorang yang melakukan aktifitas bersepeda setara 45 menit dalam seminggu, memiliki usia biologis 9 tahun lebih muda, bahkan setelah dikurangi faktor lain seperti merokok.

Mereka yang melakukan latihan teratur, secara signifikan ternyata mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler antara lain diabetes, semua jenis kanker, tekanan darah tinggi dan obesitas (Dr. Lynn Cherkas). Daya tahan tubuh yang lebih baik dan membantu regenerasi sel.

7. Menyelamatkan bumi

Dua puluh sepeda yang diparkir, ruangnya sama dengan satu mobil. Material sepeda hanya menggunakan 5 persen bahan dan energi yang digunakan untuk membuat mobil, bersepeda sama sekali tidak menghasilkan polusi.

Bersepeda juga sangat efisien, Anda melakukan perjalanan tiga kali lebih cepat dibandingkan berjalan kali untuk memperoleh energi yang sama.

8. Meningkatkan gairah seks

Dengan bersepeda secara aktif dan teratur, meningkatkan kesehatan vaskuler, yang akan mempengaruhi performa seks. Menurut ahli kesehatan dari Cornell University juga menyimpulkan, atlit laki-laki memiliki kekuatan seks setara dengan dua orang dewasa atau lima orang anak muda. Sedangkan perempuan yang fit secara fisik, dapat menunda menopause.

Riset yang dilakukan Harvard University menemukan laki-laki berusia lebih dari 50 tahun yang bersepeda minimal tiga jam dalam seminggu memiliki 30 persen risiko lebih rendah terhadap impoten dibandingkan dengan mereka yang hanya melakukan latihan sedikit.

9. Mengurangi risiko serangan jantung

Studi dari Purdue University, US menunjukkan dengan bersepeda teratur dapat memotong risiko terkena serangan jantung hingga 50%. Sedangkan menurut British Heart Foundation, sekitar 10.000 serangan jantung dapat dihindari jika orang-orang menjaga kondisi tubuhnya tetap fit. Bersepeda hanya 20 mil setiap minggu mengurangi risiko hingga kurang dari 50% dibandingkan orang yang tidak pernah bersepeda.

10. Dicintai atasan

Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Bristol terhadap 200 karyawan menemukan seseorang yang bersepeda sebelum bekerja atau pada saat makan siang meningkatkan kualitas waktu dan pengelolaan beban pekerjaan, selain itu juga menambah motivasi dan kemampuan melawan stres.

Hasil studi juga melaporkan bahwa pekerja yang bersepeda merasakan performa interpersonal skill yang lebih baik, mereka lebih sedikit beristirahat dan lebih mudah menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu. Sayangnya studi tidak menemukan hubungan antara bersepeda dengan promosi jabatan.

11. Tetap fit tanpa harus latihan keras

Bersepeda secara teratur membawa banyak manfaat, Menurut National Forum for Coronary Heart Disease Foundation, US, bersepeda secara teratur setara dengan seseorang yang 10 tahun lebih muda.

12. Meningkatkan kreatifitas

Penulis, musisi, artist, top eksekutif dan berbagai jenis profesi lain nya menggunakan sepeda sebagai latihan untuk meningkatkan kualitas mental dan membuat keputusan termasuk Jeremy Paxman, Sir Alan Sugar dan Spandau Ballet. Sebuah studi menunjukkan bawah 25 menit latihan, mampu meningkatkan kreatifitas berpikir.



Berita terkait