Anda di sini

Apakah memasang kamera pada helm sepeda aman?

Penggunaan kamera helm saat ini tengah popular sebagai alat untuk mengabadikan aktifitas olahraga. Sebagian besar kamera ini terpasang di helm, mulai dari merek GoPro, Countour and Sony. Fenomena ini membawa rasa keingintahuan mengenai sisi keamanan dari pemasangan alat ini pada helm. Berikut penjelasan beberapa produsen. Produsen kamera Countour menjelaskan semua alat pemasang kamera kami terpasang helm sangat aman dengan pita perekat dua sisi. Alat pemasang ini terbuat dari konstruksi plastik, cukup kuat untuk menjaga kamera pada tempatnya dan pada saat terjadi benturan, alat pemasang ini akan patah. Bahan perekat yang dipilih merupakan bahan yang paling reaktif pada permukaan keras.

Sedangkan pihak GoPro mengatakan bahwa mereka belum pernah melakukan penelitian secara mendalam mengenai dari dampak pemasangan kamera pada helm ketika terjadi benturan terhadap sisi keamanan pengguna kamera mereka. Kamera GoPro yang terpasang pada helm seharusnya akan terlepas dari helm ketika terjadi benturan. GoPro lebih menyarankan pengguna kamera mereka untuk memasang kamera secara aman. Di penghujung tahun 2013, bulan Desember, kita dikejutkan dengan kecelakaan yang dialami oleh mantan pembalap formula 1, Michael Schumacher pada saat bermain ski yang ternyata mantan juara F 1 ini menggunakan kamera yang terpasang pada helm.

Produsen helm Giro, telah melakukan studi dan pengujian kamera yang terpasang pada helm menggunakan Go-Pro dan Countour pada produk mereka antara lain helm sepeda. Hasil penelitian mereka menyimpulkan bahwa pemasangan kamera pada helm tidaklah terlalu signifikan menambah beban helm yang berdampak leher maupun kepala. Specialized memberikan pernyataan yang sama dengan GoPro, pada saat terjadi benturan kamera GoPro seharusnya akan terlepas dari pengikatnya. Produsen sepeda asal Amerika ini berpendapat selalu ada risiko pada saat kecelakaan, namun risiko penggunaan kamera yang terpasang pada helm tidaklah lebih buruk dibandingkan jika pesepeda membentur batu maupun benda keras lainnya. Berdasarkan pengalaman mereka, sebagian besar bahan perekat yang digunakan oleh produsen kamera akan mudah terlepas pada saat terjadi benturan.



Berita terkait