Anda di sini

Jurassic Park - Curug Mandala - Cikole DH Imut

Tanggal : 30 November 2013
Kota : Bandung, Jawa Barat
Jarak : 0 km
Kategori : MTB
Level : Beginner, Intermediate
Durasi : 1/2 hari
GPS : Tidak tersedia
Rating :
0

Rencana awal dari KGE (Kagok Gowes Edan) weekend kali ini adalah Kawah Domas - Curug Mandala - Jurassic Park dan Cikole DH imut.

Saat kami tiba di pintu masuk Kawasan Wisata Tangkuban Perahu terlihat rekan-rekan bikers dari komunitas lain yang mengendarai 5 mobil pick up hendak menuju tujuan yang sama dengan kami yaitu Kawah Domas.

Melihat nantinya akan timbul antrian di anak tangga menuju Kawah Domas, rekan-rekan memutuskan untuk melalui lintasan Jurassic Park terlebih dahulu saja. Sepeda-sepeda mulai kami turunkan dan dilanjutkan dengan berdoa bersama untuk selajutnya kami menuruni jalan aspal kurang lebih 400m sebelum berbelok kanan menuju Jurassic Park.

Single trek Jurassic dibuka dengan melalui pepohonan pinus sebelum akhirnya memasuki single trek yang sebenarnya hingga bertemu dengan kawasan Outbond Jayagiri. Di sini kami berbelok kiri untuk memasuki perkebunan hingga finish di Pangumbahan dekat Pasar Ahad.

Kumis pengemudi kendaraan Loading kami sudah menunggu di Pangumbahan ini untuk selanjutnya membawa kami menuju Kawah Domas sekitar Pukul 11.00, saat membayar sempat terdengar dari pegawai di situ kalo sepeda tidak boleh masuk ke kawah domas, di sini kami mengatakan akan ke Kawah Domas dan pembayaran Rp 130.000 diterima untuk 10 bikers berikut kendaraan.

Begitu kami akan masuk pintu menuju Kawah Domas, kami diberhentikan beberapa orang (tidak berseragam cuma berjaket saja) dan dikatakan sepeda dilarang masuk kawasan cagar alam kawah domas sesuai peraturan yang ada.

Kami berdalih kenapa rombongan yang sebelumnya diperbolehkan masuk sedangkan kami dilarang kemudian kami bertanya mana peraturannya tetapi mereka tidak dapat menunjukan, saya sempat melontarkan kenapa pembayaran di pintu masuk diterima tetapi pada akhirnya kami dilarang masuk Kawah Domas.

Akhirnya mereka mengatakan bahwa para pedagang mengeluhkan akan kehadiran para pesepeda di sana. Memendam rasa kecewa kami memutar balik ke arah pintu keluar untuk meminta uang kembali dan beberapa rekan masih harus beradu argumentasi lama di kantor mereka, awalnya mereka berkeberatan untuk mengembalikan tetapi akhirnya salah seorang keluar dari ruangan dan berkata untuk mengembalikan uang yang dimaksud dan berujar ke depannya sepeda akan dilarang masuk. (Mohon konfirmasi dan klarifikasi).

Sesuai target awal kami menuju Curug Mandala yang mana mayoritas lintasan berupa jalan berbatu atau makadam, di sini memakan korban 4 ban dalam bocor yang common disebut "Stones Bite".

Tiba di Curug Mandala kami berfoto-foto di sana sebelum hujan deras turun yang menemani kami hingga daerah Panaruban Kab. Subang, di sini lagi-lagi si Kumis sudah siap membawa kami menuju Cikole Lembang untuk selanjutnya kami akan melintasi DH imut hingga Jayagiri.

Dari Jayagiri kami melalui Cijeruk dan Cijengkol untuk menuju Ciumbuleuit, dari sebelum Unpar hingga Cihampelas suasana malam itu lalu lintas terlihat padat merayap tetapi karena kami bersepeda sehingga tidak merasa macetnya malam minggu Bandung yang cerah kali itu.

Cheers.
yogisunardi.blogspot.com

Source: http://yogisunardi.blogspot.com/2013/12/jurassic-park-curug-mandala-ciko...

Tag : Jurassic Park, Cikole DH Imut, Curug Mandala

Oops! Konten tidak tersedia



Trip terkait